Korbo, Lorbo, Jeetbo

Muda, keren, bergelimang uang. Apa yang tak bisa dilakukan bila memiliki status itu? Nyaris semuanya mungkin. Karena itu, tak heran bila para penyandang sebutan sosialita, seleb, superstar, atau entah apalagi bisa melakukan hal-hal yang dalam pandangan banyak orang begitu spektakuler.
Syeikh Mansour bin Zayed al Nahyan, misalnya. Salah satu pangeran dalam keluarga monarki Abu Dhabi, UEA, yang baru berumur 38 tahun ini seakan memiliki uang tak berseri hingga demikian mudah membeli Manchester City. Oleh fourfourtwo, Nahyan ditempatkan sebagai pemilik klub Liga Inggris terkaya. Saya rasa semua orang, terutama gila bola, sudah sangat mengetahui soal ini.
But, how about this? Mungkin belum banyak yang tahu bahwa beberapa Bollywood Star ternyata juga pemilik klub olahraga. Sebut saja Shah Rukh Khan, Juhi Chawla, Preity Zinta, dan Shilpa Shetty. Orang-orang dengan popularitas menjulang ini mempunyai saham di klub-klub kriket.
Bagi orang India, kriket adalah bagian dari hidup. Sama seperti sepakbola di Indonesia atau basket di AS. Demikian mengakarnya kriket itu hingga kerap membuat produsen film menunda premier-nya saat berlangsung pertandingan tip klub DLF IFL.
Shah Rukh Khan adalah pemilik klub kriket Kolkata Knight Riders. Tim ini diarsiteki John Buchanan. Sourav Ganguly adalah pemain paling populer, semacam ikon bahkan. Jika Liverpool punya slogan You’ll Never Walk Alone, Kolkata Knight Riders punya Korbo, Lorbo, Jeetbo Re (We will do it, Fight for it, Win it). Seragam kebesaran tim ini adalah hitam dan kuning emas. Shah Rukh Khan membeli tim ini lewat perusahaan yang dimilikinya, Red Chillies Entertainment, bersama Juhi Chawla Mehta dan suaminya, Jai Mehta. Seperti diketahui, Juhi Chawla adalah mantan Miss India.

Si cantik Preity Zinta yang tergila-gila dengan kriket sejak belia, adalah salah satu pemilik tim Kings XI Punjab. Pemegang saham lainnya adalah Ness Wadia (Bombay Dyeing), Karan Paul (Apeejay Surendera Group), dan Mohit Burman (Dabur). Patungan ini menggelontorkan dana sekitar USD76 juta untuk franchise tim ini.Pemain ikon Kings XI Punjab adalah Yuvraj Singh. Sementara pelatihnya adalah Tom Moody, mantan pemain kriket Australia.

Buat kamu yang Shilpa Shetty mania, dia adalah salah satu pemilik saham di tim kriket Rajasthan Royals. Sama seperti Kolkata punya Shah Rukh Khan dan Kings XI Punjab milik Preity Zinta, tim ini juga dibeli atas dasar sistem franchise. Rajasthan dilatih Shane Warne. Soal popularitas, di antara ketiga bintang itu sama-sama kuat biarpun Shah Rukh Khan harus diakui paling menonjol. Tapi soal kemampuan mengolah sebuah tim kriket, belum tentu pemain Kuch Kuch Hota Hai itu yang terdepan. Ketiga bintang ini kini tengah menikmati serunya pertandingan DLF IFL sesi dua di Cape Town, Afrika Selatan. Kompetisi kriket di India musim kedua memang dipindah dari kampung halamannya karena India tengah menggelar Pemilu.

Bagaimana jika saya yang muda, keren, dan bergelimang uang? Barangkali saja saya akan membeli saham AC Milan. Sayang, it’s just a dream.

CRICKET-IPL-RSA-INDIA-BOLLYWOOD

Advertisements

15 responses to “Korbo, Lorbo, Jeetbo

  1. wah, derajat seperti itu yang sering diburu kaum muda sekarang, mas teguh, sayangnya, seringkali mereka ingin meraihnya secara instan. padahal, sukses apa pun tak semudah membalikkan telapak tangan atau menunggu jatuhnya bintang dari langit.

  2. kriket itu nama makanan ya? eh bukan ding. itu kroket. kroket itu nama pesawat kan? eh bukan ding. itu roket. roket itu nama lain dari payudara kan? eh bukan ding. itu *****

  3. wakakaakka….mas teguh, baru aja saya mo komen itu kok orang India semuaaa… hahahaa..

    eniwei, duh baca kayak gini pikiran lgsg ke awang-awang… seandainya saya spt mereka.. tp emg bener kt mas teguh. saya cuma bs mimpi. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s