Time 100, El Chapo

joaqin-telegraph1Jangan jadi orang nanggung alias setengah-setengah kalo pengin dikenal. Terserah, jadi orang paling pinter ato paling bodoh, paling cerewet ato paling diam sekalian. Mau jadi politisi bersih atau politisi busuk, pasti dikenal rakyat. Striker paling tajam akan jadi bahan pemberitaan, sama halnya dengan striker paling mandul.
Andai saja Joaquin Guzman orang biasa-biasa saja, barangkali dia tak akan pernah dikenal dunia. Tapi kini lihatlah, namanya baru saja masuk dalam daftar 100 tokoh paling berpengaruh di dunia versi majalah Time (Time 100). Nama Joaquin Guzman berada di urutan keenam dari atas pada kategori Leaders & Revolutionaries (pemimpin dan tokoh revolusioner). Nama lain di antaranya Edward Kennedy (senator senior dari Partai Demokrat AS), Barack Obama, PM Inggris Gordon Brown, Presiden Prancis Nicolas Sarkozy, Hillary Clinton, dan orang bernama SBY.

Di banding nama-nama lainnya, Guzman adalah antitesis. Lahir pada 4 April 1957 di La Tuna, Badiraguato, Sinaloa, Meksiko, Joaquín Guzmán Loera menjelma menjadi seorang gembong narkoba. El Chapo (si pendek)-julukan Guzman, merujuk pada tinggi badannya yang hanya 152 cm-mengendalikan penuh kartel Sinaloa. Namanya melejit sebagai raja narkoba Meksiko setelah mundurnya Osiel Cardenas, penguasa kartel teluk, pada 2003. Sepak terjangnya kian menakutkan. Apalagi setelah dia sanggup melemahkan pesaing lainnya, kartel Tijuana dan kartel Juarez. Pernikahannya dengan remaja 18 tahun pada 2007 dikawal ketat anak buahnya hingga tentara dan polisi Meksiko tak mampu menyentuhnya.

O ya, pada 1993, El Chapo tertangkap di Guatemala kemudian diekstradiksi ke Meksiko. Shorty-julukan lainnya-dijebloskan ke penjara Ceresco No.2 dengan ancaman hukuman 20 tahun. Tapi, bukan El Chapo bila menyerah. Pada 2001, ketika akan dibawa ke AS, dia kabur dari penjara melalui mobil van laundry setelah sebelumnya menyuap beberapa petugas. Delapan orang diduga kuat terlibat dalam rencana pelarian ini. Pemerintah AS menawarkan USD5 juta bagi yang bisa menangkapnya.

Masuknya nama El Chapo di Time 100 bukan kejutan pertama. Yang paling menghebohkan adalah saat Forbes memasukkan namanya dalam daftar orang terkaya di dunia pada Maret 2009. El Chapo masuk urutan 701 daftar orang terkaya dengan perkiraan kekayaan mencapai USD1 miliar atau sekitar Rp12 triliun. El Chapo menjadi orang kedua setelah Pablo Escobar, gembong narkoba asal Kolombia yang masuk dalam daftar orang-orang tajir ini.

Ini hanya sekadar referensi. Bukan bermaksud mengajak untuk menjadi orang bobrok atau penjahat. Yang jelas, Joaquin Guzman telah masuk Time, majalah paling berpengaruh di dunia. Saya, sudah pasti orang yang nanggung karena nama saya tak ada dalam daftar 100 tokoh walaupun sudah saya cari lewat semua mesin pencari. Nama saya juga tidak ada dalam daftar penjahat milik kepolisian mulai polsek, polres, polwiltabes, polda, hingga Mabes Polri. Nah, masih nanggung kan…?

**
ilustrasi nyolong di telegraph

Advertisements

20 responses to “Time 100, El Chapo

  1. wah tenan, nanggung emang nggak enak..hehhe..yang nggak jelas bikin tambah rumit n ruwet bangsa ini..hari pendidikan nasional eui…we have to change..better than yesterday…

  2. Bener yaa…

    Intinya, klo mau sesuatu itu ya kudu seriuuuus…hasilnya bisa kelihatan!

    Mas zen, jarang blogwalking nih, soalnya IM2 bener2 bikin mumet, nggak mau mbuka blog teman2 lho….leletnya…!

  3. hehehe …. kira2 redaksi time mempan disuap, ndakya, mas? soalnya pingin juga sih nama saya tercantum di sana, kekeke … biar ndak naggung, hiks. btw, konon pak SBY juga masuk dalam jajaran 100 tokoh dunia yang cukup berpengaruh, mas teguh? bener ndak? soalnya saya sendiri ndak baca.

  4. SBY masuk 100 tokoh berpengaruh di dunia versi Time, yo ben. Tp ia berpengaruh atau tidak di negeri ini tunggu saja di pilpres 2009 nanti : biarkan rakyat yg bicara, karena kemauan rakyat sulit ditebak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s