Nasionalisme Bu Tinah

Apa yang terlintas di benak ketika mendengar kata Bu Tinah? Bukan, Bu Tinah bukan janda pemilik warung sebelah! Bu Tinah bukan pula Lurah, apalagi tuan tanah yang punya banyak sawah dan jerapah:D Bu Tinah Shoals (Bu Tinah Island) adalah pulau kecil, sekitar 130 kilometer di barat Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Karena keistimewaannya, Bu Tinah baru-baru ini menjadi salah satu dari 28 finalis Tujuh Keajaiban Alam atau New 7 Wonders of Nature. Bu Tinah, begitu juga Pulau Galapagos, Pulau Jaeju, dan Maladewa (kandidat lain yang berupa pulau) memang bukan tempat sembarangan. Pulau yang bentuknya menyerupai ladam kuda dan merupakan bagian dari Marawah Marine Biosphere Reserve ini kaya akan keanekaragaman hayati kelautan.

Kekayaan hayati itu antara lain terwujud dalam gugusan terumbu karang di bawah lautan dangkal pulau dengan vegetasi khas ini. Harus diakui, terumbu karang di Bu Tinah terbilang istimewa karena mampu berkembang pesat meski selalu dilanda tekanan suhu dan salinitas (kadar garam terlarut dalam air) yang ekstrim. Kemampuan berkembang ini sudah cukup memberikan pelajaran kepada para ahli untuk meneliti bagaimana mereka bisa bertahan di tengah gempuran pemanasan global.Bu-Tinah-3Bu Tinah

Bu Tinah juga habitat berbagai spesies laut. Selain kura-kura, terdapat juga dugong, mamalia laut (cari aja di wiki :D). Setidaknya 650 dugong terlihat pada musim panas dan sekitar 835 pada musim dingin. Lebih dari itu, tempat ini juga menjadi populasi lumba-lumba, termasuk di antaranya lumba-lumba berpunuk dan hidung botol. Bu Tinah sekaligus menjadi tempat bulan madu yang nyaman bagi burung-burung dari Asia dan Afrika. Ketika bermigrasi, ribuan aves itu singgah di pulau ini dan melangsungkan perkawinan. Nah, kurang enak apa? Sudah di pulau sunyi, berpasir putih, berair jernih, gratis, bisa kawin pula?

Sudah pasti pemerintah Uni Emirat Arab berupaya keras mengampanyekan keberadaan Bu Tinah agar dipilih umat manusia yang meng-klik N7W. “Mayoritas orang berpikir UEA hanyalah gurun pasir dan minyak. Ini saatnya menunjukkan wajah lain negara kita. Kita juga punya peran besar dalam konservasi dunia,” kata Direktur Keanaekaragaman Hayati Kelautan pada Environment Agency-Abu Dhabi (EAD) Dr Thabit Zahran Al Abdessalaam sebagaimana dikutip gulfnews.

Kawan, saya tidak sedang mempromosikan Bu Tinah Shoals. Saya hanya tertarik karena namanya yang unik dan perannya yang besar dalam mata rantai alam di jagat ini. Sudah pasti kita harus, sekali lagi harus, memilih Taman Nasional Komodo agar terpilih sebagai Tujuh Keajaiban Alam. Sempatkan waktumu dan silakan vote di N7W. Memilih Taman Nasional Komodo yang juga salah satu finalis ini barangkali adalah setitik dari nasionalisme kita. Komodo Dragon
Cukup sudah kasus Candi Borobudur menjadi pelajaran. Kegagalan masuk sebagai Tujuh Keajaiban Dunia tentu bukan semata kesalahan pemerintah yang memang dungu itu. Kegagalan itu juga tak lepas dari peran kita yang agaknya sudah tak terlalu peduli pada kampung halaman sendiri, INDONESIA. Jika Anda masih punya nasionalisme, pilihlah Taman Nasional Komodo. Tak usah pilih Bu Tinah, apalagi Pak Tinah yang tak jelas keberadaannya itu…..

Advertisements

27 responses to “Nasionalisme Bu Tinah

  1. menarik juga tuh, mas teguh, kandungan bu tinah, hehe … negeri kita sesungguhnya juga tak kalah kaya. sayangnya perhatian para pengambil kebijakan belum menyentuh ke soal2 mokro seperti ini. bawaannya main politik mlulu, hehe … saya juga sudah memberikan vote saya utk Taman Nasional Komodo. semoga saja taman yang satu ini bisa masuk sebagai salah satu keajaiban dunia, tak setragis nasib candi peninggalan wangsa syailendra itu.

  2. iya nih, mana usaha pemerintah untuk mempromosikan komodo…sangat minim…
    tragis ya indonesia,,,,masa nanti kalah lagi kaya borobudur,,,,,
    pemerintah harus lebih serius dunk….aset besar sedang dipertaruhkan nih….

    Jadi, pemerintah payang dong..??? 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s