Kemarin dan Nanti….

Rasanya baru kemarin,
suara tangismu memecah keheningan malam selepas isya, di sebuah kamar di lantai dua, di bangunan era kolonial di ujung Jalan Budi Kemuliaan, Jakarta. Ku terdiam..tapi mataku berbinar.

Rasanya baru kemarin,
Kuusapkan kain kecil basah memoles seluruh tubuhmu yang lunak dan sangat lentur itu, mencoba menghilangkan daki dan bau. Ku tak berani keras, takut menyakitimu.

Rasanya baru kemarin,
Kupeluk erat dirimu dalam dekapanku. Di bawah siraman cahaya surya di depan rumah kontrakan Bang Haji, kita tersenyum bersama. Kutahu, engkau belum bisa melihatku. Ku yakin, suarakulah yang membuatmu menyunggingkan senyum manismu…

Rasanya baru kemarin,
Bundamu terpekik, histeris, saat terdengar suara “gladuk…”, sekitar jam satu siang ketika orang berduyun-duyun turun masjid selepas Jumatan. Suara itu nak, kepalamu yang terbentur lantai karena jatuh dari ranjang setinggi sekitar setengah meter. Tak terperikan tangismu, tak tertahankan jerit Bundamu.

Rasanya baru kemarin,
Masih dalam dekapan, ku bawa dirimu pelan berputar di ruang tamu kita yang tak seberapa luas itu. Lelap tidurmu seakan menikmati lantunan salawat Nabi dari orang-orang bersarung dan berpeci. Kau pun bahkan tak membuka kelopak mata saat gunting kecil nan tajam itu memangkas ujung-ujung rambutmu yang hitam mengilat.

Tapi kemarin adalah kemarin. Dan sekarang adalah saat ini…….

Saat ini, kau sudah setinggi lemari kecil yang berisi baju-baju lamamu.
Saat ini, kakimu kuat hingga mampu menjejak ayahmu yang coba menjahili.
Saat ini, rambutmu tebal dan keriting menjadikanku sulit menyisirnya. Aku bingung, bukankah rambut ayah dan Bundamu lurus?

Saat ini, kau bahkan sudah pandai memilih. Memilih baju yang kau sukai, juga memilih jajanan di warung yang sebenarnya kurang menyehatkan itu.
Tapi itulah dirimu. Teriakan Bundamu enteng saja kau abaikan. Kau lebih memilih berlari-lari semaumu di kebon belakang milik tetangga. Padahal, mentari mulai menghilang dan Maghrib menjelang.

Saat ini, dengan semangat meluap kau biasakan mengucap abjad dan doa-doa pendek. Juga menulis dan mewarnai bersama gurumu. Tentu saja tak melulu belajar karena di sekolahmu juga banyak mainannya….

Saat ini, kau bukan orok lagi meski susu formula masih belum lepas sepenuhnya dari kehidupanmu. Saat ini, kau tak lagi makan bubur halus karena nasi plus sayur bayem atau capcay tambah ayam goreng bisa kau tandaskan. Aku tersenyum, yang beginian jelas mencontoh gaya ayahmu.

Nak, Aku tak akan pernah lupa bahwa tangismu malam itu, 18 September 2006, adalah amanah Tuhan untukku dan Bundamu. Met Ulang Tahun ke-3 Khansa Zen Azzahra. Semoga azan di telingamu dulu adalah bekal awal yang sempurna untuk mengiringi langkahmu. Kemarin, hari ini, dan nanti….

DSC_0069

DSC_0002

Advertisements

37 responses to “Kemarin dan Nanti….

  1. Ops, nganggo uang taun barang tomas? Selamat yakhrr.. semuga Kanza cepet gedhe kayak ibu dan bapake. 😆 Bisa pakpung dw, mak-em dw, dolan dw, turu dw, pokoke berdw-dw lah 🙄 😆

    khansa said: “matursembahnuwun Om Wandi, besok saya diajari matematika dan rumus-rumusnya yang canggih itu ya…”

  2. ya ampun lucu banget yah. dan umur segitu dah bisa melakukan banyak hal sendirian. selamat ulang tahun yang 3 buat buah hati tercintanya. semoga menjadi generasi penerus yang merupakan kebanggaan keluarga dan siapapun amien….

    amiinnnnn, terimakasih om zul….

  3. Semoga cepet gede buat Kanza. Kok kaya pinang di belah kampak ya kang alias mirip euy …hehehe.. serius lho…

    trims om Hadi…ini anak dan bapak memang mirip: doyan mangan..:D

  4. Ngikutan di blogroll dong pak Zen…. kayanya ga enak belum lihat nama saya di sidebar gitu…. hehehe kalau boleh sih……

    siap laksanakan, blogroll memang lupa kuapdet trus mas. maklum koneksi terbatas..

  5. Terselip khilaf dalam candaku,
    Tergores luka dalam tawaku,
    Terbelit pilu dalam tingkahku,
    Tersinggung rasa dalam bicaraku.
    Hari kemenangan telah tiba,
    Semoga diampuni salah dan dosa.
    Mari bersama bersihkan diri,
    sucikan hati di hari Fitri.
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Taqobalallahu minnaa wa minkum
    Shiyamanaa wa shiyamakum
    Minal ‘aidin wal faizin
    Mohon maaf lahir dan batin
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllll

    minal aidzin wal faidzin juga kang. Mohon maaf lahir dan batin…

  6. Kedaling rasa nu pinuh ku bangbaluh hate, urang lubarkeun, ngawengku pinuh ku nyuuh, meungpeung wanci can mustari. Taqabalallahu Minna Wa Minkum
    Wilujeng Idul Fitri 1430 H, sim kuring neda dihapunten samudaya kalepatan.
    Kuring neda dihapunten kana samudaya kalepatan, boh bilih aya cariosan anu matak ngarahetkeun kana manah, da sadayana oge mung saukur heureuy, manusa mah teu tiasa lumpat tina kalepatan jeung kakhilafan

    haturnuhun kang, sami-sami..

  7. lucu banget, Ini pasti nurun sama bapaknya. Selamat ulang tahun ya nak, jadi pengen nyubit bapaknya (heh??)

    terimakasih mas, trims atas doanya (tx udah mampir)

  8. wah selamat ulang tahun untuknya ya?

    thx mas Ihsan. Matursuwun lo udah mampir lagi. Terus terang saya paling susah ninggalkan komen di blogspot. Gak tahu kenapa..

  9. Khansa Zen Azzahra, nama yg indah.. pasti mengandung doa orang tuanya… selamat ulang tahun sayang, jd anak yg sholehah ya..

    sekalian, saya mengucapkan selamat idul fitri 1430 H, mohon maaf lahir dan batin..

    Makasih Gus. Soal minal aidzin, mohon maaf kalo saya telat balesnya he..he..

  10. aku malah nge-Hiks juee moco tulisanmu kang, apik tenan..

    Muga-muga menjadi anak yang selalu dicita-citakan oleh orang2 yang mencintainya! Amin

    weleh kang, aku merasa terhormat iki. soal doanya, amiin..

  11. aduh anaknya cabi cabi deh, jawilin pipinya ya

    minal ‘aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir & batin
    Maafkanlah segala kesalahan yang telah saya perbuat sebagai manusia biasa yang tidak luput dari segala kesalahan, baik secara lisan, ketika menulis posting, berkomentar, membalas komentar, chatting, update status facebook, tulis wall sana sini, buat thread plurk, menanggapi thread, dan lain- lain

    tenkyu mas. Minal aidzin wal faidzin juga

  12. ikut mengucapkan selamat Ulang Tahun ke-3 buat Khansa Zen Azzahra. semoga cepet gedhe, makin tambah cerdas, dikaruniai kesehatan, dan kelak menjadi sosok hebat sesuai dengan semangat zamannya.

    terimakasih pak. Minta doanya….

  13. wah.. selamat ulang tahun dan selamat hari raya idul fitri…
    minal aidzin walfaizin mohon maaf lahir batin dan semoga panjang umur…

    trims mas
    Minal aidzin wal faidzin juga

  14. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Taqobalallahu minnaa wa minkum
    Shiyamanaa wa shiyamakum
    Minal ‘aidin wal faizin
    Mohon maaf lahir dan batin
    Salam hangat dari Surabaya

    terimakasih Pakde Cholik
    salam hangat dari Jakarta

  15. Tiada bosan bosannya mengajak sahabatku untuk melangkah….

    “Demi Masa sesungguhnya manusia itu merugi”

    Sebab tiadalah semua ini kecuali kembali kepada Fitrah Diri
    Mari bersama kita saling mensucikan diri menuju Illahi Robby
    Membersihkan diri melangkah menemukan diri sebenar diri
    Mulai menghampiri DIA tulus ikhlas karena CINTA
    Meraih keselarasan diri dalam Ketenangan Jiwa
    Menjadi Manusia seutuhnya meliputi lahir bathin
    Dahulu datang putih suci bersih
    Mudah mudahan kembali suci putih bersih

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll


    i lopeu
    pulll juga kang…

  16. selamat ulang tahun Khanza…! terasa nikmat memang menjadi seorang bapak…kita baru merasakan sendiri bagaimana dulu susahnya orang tua kita membesarkan kita…dan alangkah meruginya orang tua yang tidak bisa menikmati dan mengikuti perkembangan anaknya….lanjutkan perjuangan untuk mendidik calon penerus bangsa…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s