Musisi dan Khadafi

Saadi Sewa Pussycat Dolls, Muttasim Undang Mariah Carey

Dengan kekuasaan absolut di tangan dan pundi-pundi harta yang tak pernah kering, apa yang tak bisa dilakukan? Tak heran jika diktator Libya Muammar Khadafi dan dinastinya leluasa melampiaskan segala hasrat, termasuk soal musik.

Pengakuan mantan penari klub malam Dafinka Mircheva semakin membuka kehidupan mewah nan boros Kolonel Khadafi dan anak-anaknya. Dalam cerita panjang lebar yang diungkapkan kepada Daily Mail itu diketahui bahwa mendatangkan musisi papan atas dunia ibarat membalik telapak tangan bagi keluarga Khadafi.“Uang bukan masalah, dia selalu punya koper hitam yang penuh dengan uang kertas,” kata Dafinka membeberkan hubungannya yang “gila” bersama Saadi Khadafi selama enam tahun. Menurut wanita Bulgaria ini, Saadi telah membayar 500.000 poundsterling grup musik Pussycat Dolls untuk tampil di pesta ulang tahunnya yang mewah di Cannes, Prancis Selatan.

“Pada 2007 dia bertanya, apa grup musik kesukaan ku? Aku menjawab Pussycat Dolls dan dia segera mengatakan akan mengatur agar aku dapat melihatnya,” tutur dia. Untuk ulang tahun megah itu, Saadi menyewa sebuah vila bergaya Arab seharga 4.000 poundsterling per hari. Sebanyak 30 tamu menikmati sampanye kelas satu, cokelat, kaviar, dan cerutu. “Dan Pussycat Dolls bermain di depan kolam renang,” katanya. Dafinka mengatakan, Saadi tampak menikmati penampilan grup musik asal Amerika Serikat itu. Kendati demikian, musisi yang digandrunginya adalah rapper 50 Cent.

PUSSYCAT DOLLS (by flickr)

Jelas Pussycat Dolls bukan satu-satunya grup musik yang diundang secara khusus oleh rezim Khadafi. Dunia sebelumnya sudah dibuat terkejut ketika musisi Kanada Nelly Furtado mengaku telah diundang klan Khadafi untuk menghibur para tamunya di sebuah hotel di Italia. Atas penampilannya itu, pelantun hit i‘m like a bird ini menyatakan menerima bayaran sekitar Rp9 miliar. “Pada tahun 2007 saya menerima USD1 juta dari klan Khadafi untuk tampil 45 menit untuk para tamunya. Saya akan menyumbangkan uang itu,” tulis Nelly di aku Twitter-nya.

Setelah pengakuain itu, berturut-turut musisi papan atas dunia yang pernah tampil untuk Khadafi melakukan hal sama. Sebut saja penyanyi R&B Usher, Mariah Carey, dan Beyonce Knowles. Mereka dengan suka rela mendonasikan uang yang dibayarkan tokoh kuat Libya tersebut.”Saya merasa bermasalah dengan honor itu. Saya akan menyumbangkan semuanya untuk organisasi kemanusiaan,” katanya belum lama ini.

Asal tahu saja, para penyanyi yang disebut terakhir ini pernah hadir di sebuah pesta malam Tahun Baru 2009 di Nikki Beach St Barts, di Kepulauan Karibia. Siapa yang punya hajatan glamor itu? Muttasim, putra Khadafi.

Hidup bergelimang kemewahan tak dimungkiri adalah identitas Sang Kolonel dan anak-anaknya. Status sebagai negara penghasil minyak menjadikan Libya ibarat tambang uang bagi diktator yang juga dijuluki sebagai Pemimpin Revolusi Libya ini.

SAADI KHADAFI

Dafinka menceritakan, Saadi terlah menghabiskan 170 juta poundsterling per tahun hanya untuk jet pribadi, hotel bintang lima, supercar, perhiasan mewah, dan pakaian-pakaian bermerek. Dia terbiasa membayar kamar terbaik di hotel termahal. Saadi, lanjut dia, juga akan menyewa kamar untuk para pelayan dan pengawalnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s