El Chapo, Sang Kartu Truf…

Sampean tahu Joaquin  Archivaldo Guzman Loera? Dua tahun silam saya pernah menulis kisahnya. Kini, saya akan kembali mengulasnya. Masih tentang kehebatannya, nama besarnya, juga setumpuk dosanya. Well, inilah sosok yang dilabeli ”Orang Paling Dicari di Dunia” setelah Osama Bin Laden menemui ajal Mei 2011 lalu.

El Chapo alias si Pendek, demikian Joaquin Guzman dikenal, adalah gembong narkoba, penguasa Kartel Sinaloa yang sering digambarkan sebagai organisasi perdagangan obat bius paling kuat di belahan bumi Barat.

Kartel Sinaloa mengendalikan bisnis peredaran kokain, ganja, dan metampetamine di Meksiko juga menyelundupkan ke AS melalui darat, udara, dan laut. Bisnis obat terlarang  ini juga diyakini menyebar ke 50 negara.

Nama Guzman melejit setelah mundurnya Osiel Cardenas, penguasa Kartel Teluk pada 2003. Sepak terjang gembong narkoba kelahiran 4 April 1957 di La Tuna, Badiraguato, Sinaloa ini kian menakutkan setelah dia sanggup melemahkan pesaing lainnya, Kartel Tijuana dan Kartel Juarez. Pernikahannya dengan remaja 18 tahun pada 2007 dikawal ketat anak buahnya hingga tentara dan polisi Meksiko tak mampu menyentuhnya.

Pada 1993, El Chapo tertangkap di Guatemala kemudian diekstradiksi ke Meksiko. Dia dijebloskan ke penjara Ceresco No 2 dengan ancaman hukuman 20 tahun. Pada 2001, ketika akan dibawa ke AS, dia berhasil kabur dari penjara melalui mobil laundri setelah sebelumnya menyuap beberapa petugas. Pemerintah AS menawarkan hadiah hingga USD5 juta bagi siapapun yang bisa menangkapnya.

Dalam sebuah artikel Oktober lalu, Washington Post melaporkan bahwa Meksiko telah membentuk tiga tim elite – dari angkatan laut, tentara, dan polisi federal – yang didedikasikan untuk menangkap Guzman, hidup atau mati.

Sejumlah orang dekat El Chapo sebenarnya satu per satu telah dibekuk. Di antaranya, Felipe Cabrera Sarabia yang dijuluki sebagai insinyur. Tapi tetap saja keberadaan pria bertinggi tubuh 152 cm itu tidak terendus hingga kini.

Menjelang Pemilu Meksiko tahun ini, nama Joaquin Guzman kembali menjadi komoditas politik. Jika ingin melanggengkan kekuasaan, Partai Aksi Nasional (Partido Acción Nacional/PAN) harus meringkus Guzman sebelum orang-orang berangkat ke tempat pemungutan suara pada Juli depan.

”Mereka tahu kira-kira di mana dia,” kata Malcolm Beith, penulis The Last Narco,buku yang berkisah tentang pencarian Guzman, dikutip BBC. Menurut dia, PAN tampaknya akan kalah dari Partai Revolusioner Institusional (Partido Revolucionario Institucional/PRI) yang pernah berkuasa selama 70 tahun.

“Secara politis, menangkap El Chapo akan menjadi keuntungan besar. Ini akan memungkinkan mereka (PAN) masuk ke pemilu dengan sedikit kritik. Orang-orang masih membicarakan perjanjian antara pemerintah dan Kartel Sinaloa. Penangkapan Guzman akan membungkam kritik itu, “kata Beith.

Persoalannya, mencari Guzman ibarat mencari jarum jatuh di tumpukan jerami. Beberapa pesawat militer AS yang dilengkapi teknologi tinggi belum mampu mendeteksi pria yang masuk di jajaran 100 orang berpengaruh versi Time ini. Mantan Wakil Jaksa Agung Meksiko Samuel Ruiz menggambarkan, Washington menghabiskan bertahun-tahun dan miliaran dolar saat melacak Osama bin Laden. Dengan sumber daya yang dimiliki Guzman saat ini, rasanya sulit untuk menemukannya.

El Chapo sering dibandingkan dengan Pablo Escobar, raja narkoba Kolombia yang tewas pada tahun 1993. ”Ini bukan hanya masalah kemauan politik, tetapi juga metodologi dan pengumpulan intelijen,”kata Samuel.

Analis keamanan Jorge Chabat menyatakan, waktu berperan penting pada penangkapan atau upaya membunuh Guzman yang memiliki nilai riil saat pemilihan di Meksiko.

“Jika Presiden Calderon dan kandidat PAN ingin keuntungan politik dari El Chapo Guzman, mereka idealnya menangkap dia pada April.”

Jadi, mungkinkah tahun ini akan menjadi akhir era Guzman? Entahlah, setidaknya sebutan yang dipakai Forbes menjadi gambaran betapa mengerikannya sosok ini. Guzman adalah gembong narkoba terbesar sepanjang masa (the biggest druglord of all time).

Advertisements

2 responses to “El Chapo, Sang Kartu Truf…

  1. hehhe, trus klo yang ketangkep di Indonesia skrg ini waktunya udah ideal belum, om..?

    #oot #dikeplakomzen

    hahahahhaaaa…………ikut ngai aja deh, apa Ngai for President???

  2. Kurang baca jadinya baru tahu kisah ini … makasih banget 🙂
    Logikanya si .. negeri yang intelejennya kuat masak gak bisa nangkep ya ? …
    Tapi kadang yang jelas ada juga bisa jadi dianggap gak ada he he

    hahahah. itulah hebatnya bos narkoba satu ini kang. top markotop

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s