Sofia, Oh……

Adalah tak mudah buat saya untuk mendeskripsikan bagaimana paras Sofia, Ibu Kota Bulgaria. Selain karena hanya dua hari, perjalanan pada tengah Oktober lalu tak banyak memberi kesempatan untuk menjelajah bagian demi bagian kota terbesar di Land of Roses ini.

Sofia, semestinya seelok namanya. Ia seperti campuran antara seni nan artistik, modernitas yang bergerak bebas, dan norma-norma agama yang mewujud pada banyaknya katedral/gereja tua dan megah. Ia  “wangi” karena semerbak parfum mawar di mana-mana.

Sofia bercita rasa Rusia. Begitulah, sejarah yang membuatnya demikian.

BULGARIA, land of roses (image by allmycards)

Ada banyak tempat menarik ketika Anda menginjak Sofia. Memburu modernitas barangkali bisa didapat dari pusat perbelanjaan yang terus bertumbuh. Tapi, segera buang jauh-jauh pikiran Anda bahwa mal di sini glamour dan menawan. Hmmmm, Jakarta dan Surabaya jauh lebih angkuh dan sombong.

Pada senja di akhir musim panas Oktober itu, kami menikmati The Mall, salah satu mal besar di Sofia. Modern..? Iya, tapi dalam pandangan saya, masih kalah mewah dari Mall Taman Anggrek, Central Park, atau Mall Artha Gading Jakarta. Bahkan ia tak lebih luas dari Tunjungan Plaza yang telah jadi landmark Surabaya itu.  Apapun, sensasinya tetap beda karena ini di Bulgaria.

Sesungguhnya ada satu mall yang disebut-sebut termegah, Bulgaria Mall, juga di Sofia. Namun ketika itu masih dalam tahap penyelesaian akhir pembangunannya.

Jika wisata religius merupakan tujuan, sempurnalah perjalanan Anda ke Sofia. Tak jauh dari stasiun tengah kota, terdapat katedral Sveta Nedelya, salah satu katedral legendaris. Dan jangan sampai tidak untuk tak mendatangi gereja Alexander Nevski. Arsitekturnya yang bergaya Neo Byzantine benar-benar destinasi wisata yang tepat.

Belanja suvenir? Sebuah pasar loak di samping gedung Military Club di jantung kota saya rekomendasikan untuk siapapun. Jika gantungan kunci, tempelan kulkas, kipas, atau stiker Bulgaria yang Anda cari, di sini tempat yang asyik. Harga memang sulit ditawar, tetapi jika Anda pintar menego, selalu ada bonus. Bisa saja 10 tempelan kulkas yang Anda beli, tetapi 12 yang akan diberikan penjual. Hmmm

Jika target Anda adalah barang-barang bersejarah, di sini tempat sempurna. Topi baja tentara Rusia..? pisau komando tentara Bulgaria..? piringan hitam..? Kamera analog zaman 1940-an…? Komplet. Pianis grup jazz The Fingers, Andy Gomez, bahkan menemukan replika biola Stedivarius yang kesohor itu. Konon, replika biola yang mendekati aslinya itu hanya dibikin beberapa biji.

Oh ya, jangan beli parfum mawar. Mawar adalah ikon Bulgaria. Tak cuma parfum sebenarnya, sabun, lotion, dan entah kosmetik apalagi banyak sekali yang mengandung mawar. Sesungguhnya, parfum ini gak jauh beda dengan pasaran yang dijual di sini. Kalau mau kualitas bagus ya harganya mahal, ratusan ribu. Kalau cuma untuk yang bau mawar aja tapi kena angin sedikit udah lenyap, ya bisa dibeli seharga belasan ribu. Toh, yang paling penting adalah kemasannya, bertuliskan Bulgaria haahaa..

Menikmati Sofia dalam dua hari, harus diakui, seperti tak mendapatkan apa-apa. Saya bahkan tak mengerti sedikitpun detak kehidupan malam di sini. Menurut ulasan Ligagame, Background Pub di Bul Vitosha 14 katanya menyediakan makanan dan anggur terenak di Bulgaria. Sayang seribu sayang saya tak sempat ke situ…duhhh.

Eniwei, sekelumit Sofia tetap menyisakan kenangan teramat dalam. Tentang cewek-ceweknya yang bermata biru, tentang indah dan hijaunya taman kota, tentang gedung-gedungnya, juga  tentang lalu lintasnya yang lumayan macet kala jam berangkat/pulang kerja datang.

Sekelumit wajah Sofia, Bulgaria. Di depan sana, Grand Hotel Bulgaria.

Katedral Alexander Navski. Kalau ke Sofia, jangan lupa singgah ke sini. Katedral ini objek foto menarik. Sementara saya unggah satu dulu aja hehehe

Penampakan katedral Alexander Navski dari atas. Foto saya ambil di internet (sumbernya lupa, lagi dicari nih)

Arsitektur yang khas. Bergaya art deco, menjadikan waja Ibu Kota Bulgaria ini estetik dan artistik.

Bendera Bulgaria menantang langit di pucuk sebuah gedung pemerintahan di jantung kota Sofia

Penampakan parfum mawar khas Bulgaria. Banyak dijual di mall, toko suvenir, termasuk di pasar-pasar tradisional, bahkan pasar loak. Foto by Shop Bulgaria.

Pasar loak di samping gedung Military Club. Jangan sungkan-sungkan menawar. Kalau penjual gak bisa bahasa Inggris, pakai bahasa tubuh saja. Dijamin nyambung.Banyak barang antik di sini

Taksi di depan The Mall, Sofia. Semuanya kendaraan kota (city car). Rata-rata bersih. Sopirnya, tak semua bisa bahasa Inggris. Kayak saya dong…

Nama butik ini benar-benar MENGGODA SELERA. Begitu masuk ke dalam, eh ternyata jualan pakaian doang. Kirain lain-lain…

Taman kota. Asal njepret di antara jadwal acara yang mendesak. Taman lebih bagus dari ini banyak banget

Pria mirip Rano Karno diajak foto oleh seorang ABG Sofia. Si cewek itu, konon, bangga luar biasa. Sampai-sampai gak bisa tidur. heheeh

Advertisements

4 responses to “Sofia, Oh……

  1. Land of Roses ? … saya ingin banget ke tempat seperti itu … apapun bunganya pokoknya ada hamparan bunga yang bisa difoto dari ujung ke ujung …
    Sebetulnya gak aneh kalo tahu sifat Mall dari ujung ke ujung he he …
    Kayaknya ni yang saya tangkap .. Ciri khas dan budaya termasuk gaya eropa untuk arsitekturnya tetap dipertahankan jadi gak rusak, modernisasi dikembangkan entah melalui apa ..
    Andai negeri ini juga seperti itu … ? Kota Solo pernah tapi hanya joglonya saja (setahu saya lho he he)
    Btw .. fotonya tetep menggugah selera 😀
    Makasih Mas .. suguhannya yang luar biasa 🙂

    Wah iya bener banget Kang. Kalau kesini, ini ladang objek foto yang top. Hamparan wawar, bisa makro dan lanskap hehehe

  2. weew, jadi pengen ngedit tulisan mas zent lagi hhheeh, dengan tulisan ini jadi semangat lihat katedralnya, campak kata, dipoto nggak mas dalam katedralnya? eh satu lagi, itu beli parpum mawar kok nggak sampai solo juga?

    ah macak cihhh……aku jadi tersandung, eh tersanjung..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s