Tantangan Hitam Putih…

A true photograph need not be explained, nor can it be contained in words.
(Sebuah foto yang benar tidak perlu dijelaskan, juga tidak bisa terkandung dalam kata-kata)

Salah satu kutipan Ansel Adams (1902-1984), fotografer legendaris  AS yang terkenal akan foto-foto hitam putihnya (black and white photography) itu selintas muncul ketika suhu motret saya mengambil jeda rutinitasnya dengan menampilkan karya monocrom-nya.

Hmmmm, foto hitam putih. Saya tak pernah membuatnya. Apalagi saya juga bukan seorang fotografer.

Eniwei, ketika suhu motret yang baru saja dapat buku Lighting with Available Light (bukti jaringannya makin top) itu menampilkan foto-foto hitam putihnya, saya jadi ingat beberapa foto hitam putih yang menakjubkan. Saya ingat The Poetry of Nature-nya Deniek G Sukarya yang top markotop. Mungkin suatu hari siapa tahu Kang Yayat itu akan melewatinya.

Saya juga teringat Black Spider Awards. Apaan itu? Buat yang hidup dalam dunia foto hitam putih pasti tahu. Ya, ini adalah salah satu ajang penghargaan bergengsi tingkat dunia untuk foto hitam putih. Umur penghargaan ini belum lama sebenarnya, baru diselenggarakan ketujuh kalinya. Tahun depan akan memasuki penyelenggaraan ke delapan.

Mumpung ingat. Seperti tahun-tahun sebelumnya, ajang ini sekarang dalam tahap menjaring nominasi untuk penghargaan yang kedelapan kalinya. Siapa saja yang boleh ikut???. Everyone!!!

Jika Anda merasa percaya diri dengan karya-karya hitam putih Anda, segera bikin portofolio di web-nya. Silakan pilih kategorinya: pro atau amatir. Hanya sayang, submit foto ke sini tidak gratis. Kalau gak salah 30 dolar untuk single entry bagi yang amatir. Ada diskon sih.

Buat yang berminat, sebaiknya cepetan karena entry berakhir 14 Desember ini. Kalau saya, jelas sama sekali tidak berminat. Lha wong bikin foto warna aja kagak bisa bagus, apalagi hitam putih.

Apapun, hitam putih selalu menyajikan art tersendiri. Sama seperti antara warna kulit saya dengan istri saya….zebra!

***

(#disclaimer: menyempatkan nulis ala kadarnya, tapi belum sempat wira-wiri)

Ini beberapa contoh fotografi hitam putih dari berbagai sumber:

arsitektur...

arsitektur…

siluet....

siluet….

makro...

makro…

animal...

animal…

portrait...

portrait…

siapa ya ini...?

siapa ya ini…?

2 responses to “Tantangan Hitam Putih…

  1. Jauhlah dari Suhu … wong masih sauprit pengalamannya, jam terbang sama obyeknya masih mentah, hasil saya belom ada yang WOW, apalagi dibanding karya2 di atas he he. Apalagi ngunjungi web spider itu wah …. kesengsem pengen bisa bikin kayak karya2 mereka. Tks
    Tapi makasih atas apresiasinya.

    memang, kalo potograper andal itu selalu rendah hati 🙂

  2. Pingback: Buku Koleksi Foto Ansel Adams @ arkasala (dot) net

Leave a Reply

